Rabu, 09 Maret 2011

musim panas di jepang

Musim panas di Jepang berlangsung dari bulan Juni hingga Agustus.Dimana - mana masyarakat mengadakan Omatsuri ( festival ) musim panas.Festival musim panas disebut Tanabata.
Setiap wilayah di Jepang merayakan Tanabata dengan ciri khas masing-masing.Tetapi pada dasarnya adalah untuk merayakan pertemuan Putri Shokujo/Orihime dengan Pangeran Kengyu/Hikoboshi pada malam tanggal 7 Juli.Sedangkan festival Tanabata yang diadakan di daerah pertanian lebih dimaksudkan untuk pensucian diri dalam rangka untuk persiapan menjelang festival obon.
Menjelang festival Tanabata, tiap orang menyiapkan hiasan tanzaku yang digantungkan pada dahan pohon bambu.Tanzaku adalah guntingan kertas 5 warna (merah,biru,kuning,putih dan kuning muda) yang berisi tulisan puisi pendek.

Namun biasanya orang menuliskan permohonanatau cita-cita dengan harapan dapat dikabulkan oleh dewa yang akan turun dari langi. Dulu kaum wanita khususnya remaja puteri berdoa agar mereka diberi keterampilan seni kerajinan tangan seperti Puteri Orihime.Selain tanzaku ada pula untaian pita-pita untuk melambangkan benang tenun PuteriOrihime, yang digantungkan pada bola kertas.Festival Tanabata yang terbesar di Jepang adalah Sendai Tanabata pada tanggal 6 Agustus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar